Senin, 10 Januari 2011

CARA TERMUDAH GANTI FONT S60V3

Untuk mengganti huruf pada sistem Symbian OS 9.x S60 v3 tidak semudah pada ponsel S60 v2 dengan sistem Symbian OS versi dibawahnya.
Change Font Nokia S60 v3 6120c Jika dilihat lebih jauh, terdapat perbedaan file-file pada folder font. Semisal ponsel N73 dan 6120c, terdapat 3 buah file pada N73 dan hanya ada 1 file pada folder font 6120c.
Berberapa trik pernah dicoba untuk mengganti huruf ponsel 6120c tetapi tidak berhasil, sampai akhirnya menemukan aplikasi Font Router dari beberapa blog. Font Router terdiri 2 bagian yaitu Font Router LT dan Font Router Manager yang bisa di download disini. Dari beberapa sumber didapatkan bahwa aplikasi ini akan berjalan lebih baik apabila terisntal Phyton didalamnya. Phyton adalah bahasa pemrograman multi platform yang juga dikembangkan menjadi salah satu add-in essensial pada ponsel. Jadi instalkan juga  Phyton dan Phyton Script Shell. Selain itu juga diperlukan aplikasi file browser dan huruf/font dengan format true type font (.ttf) yang disukai. Semua aplikasi yang diinstal diletakkan pada memory card pada proses instalasi. File font diletakkan pada memory card (e:\) agar mudah diakses.

Setelah semua file dan aplikasi yang diperlukan terkumpul, langkah selanjutnya adalah menginstalkan aplikasi tersebut satu per satu, mulai dari Phyton (dan juga Phyton Script Shell), kemudian diikuti dengan Font Router LT dan Font Router Manager.
Font Router.ini dari file browser
Setelah semuanya terinstal, gunakan file browser untuk membuat folder fonts pada C:\Data\ seperti gambar disamping. Ambil file fontrouter.ini pada E:\Data\Fonts\ dan letakkan pada C:\Data\Fonts\ atau pada folder yang baru dibuat.
Font Router Manager Jalankan aplikasi Font Router Manager dan pilih option/pilihan kemudian pilih open font. Arahkan ke file font yang disukai yang tadi diletakkan pada memory card (e:\). Kemudian restart ponsel anda….
Atur pada pilihan zoom ratio apabila font pada screen terlihat terlalu besar atau kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews