Kamis, 03 Maret 2011

Cara menghapus folder autorun.inf yang dibuat oleh Antivirus SMADAV

Folder autorun.inf
Folder autorun.inf
Akhir-akhir ini saya sering menjumpai munculnya folder autorun.inf didalam flashdisk teman-teman dan para user warnet saya. Yang membuat saya penasaran adalah folder tersebut memiliki atribut system dan dalam posisi hidden. Folder autorun.inf ini tidak dapat dihapus dengan cara biasa. Terlebih lagi, Folder ini dikenali sebagai virus oleh antivirus Avira. Bagi para pengguna komputer biasa (orang awam) tentu hal ini  bukanlah suatu masalah yang besar, namun bagi saya tentu hal ini sangat mengganggu.
Dari mana asal folder ini dan mengapa folder ini  sulit untuk dihapus? Setelah semakin sering saya menemui kasus seperti ini, rasa penasaran saya semakin besar. Iseng-iseng saya menanyakan antivirus apa yang digunakan oleh para user dan teman-teman saya yang di flash disknya ada folder autorun.inf nya. Mereka menjawab dengan jawaban yang sama yaitu mereka menggunakan antivirus lokal SMADAV. Kemudian saya mencoba untuk memasukkan flashdisk saya (yang baru saja di format) ke dalam komputer yang sudah terinstal antivirus SMADAV didalamnya. Ternyata dugaan saya benar, setelah saya membuka flash disk di komputer tersebut (tanpa melakukan aktivitas apapun seperti copy dan paste file) lalu flash disk tersebut saya buka di komputer saya sendiri dan Avira langsung memberikan peringatan deteksi virus autorun.inf.
Berarti sudah bukan dugaan lagi bahwa folder autorun.inf yang menjengkelkan ini berasal dari antivirus SMADAV. Tapi yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus folder ini? Avira hanya mendeteksi adanya virus didalam folder tersebut namun dia tidak dapat menghapusnya. Setelah saya googling sebentar dan memutar otak, saya menemukan cara untuk menghapus folder yang menjengkelkan ini. Cara menghapus folder ini adalah dengan menggunakan Command Prompt karena Windows Explorer tidak mampu menghapusnya. Sebenarnya didalam folder autorun.inf  tersebut terdapat folder lain yaitu folder con dan con\aux. Berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan :
  • Buka Command Prompt
  • Hapus terlebih dahulu folder aux dengan cara ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\con\aux\ lalu tekan ENTER ([drive] adalah lokasi flash disk Anda berada).
  • Lalu hapus folder con dengan cara rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\con\ tekan ENTER.
  • Dan yang terakhir adalah menghapus folder autorun.inf itu sendiri, ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\ tekan ENTER.
  • Folder autorun.inf sudah terhapus.
Sebenarnya saya sedikit kecewa dengan antivirus SMADAV karena memasukkan folder autorun.inf tersebut ke dalam flashdisk tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Memang sebenarnya folder tersebut berguna  untuk melindungi flashdisk dari serangan virus yang menginfeksi dengan cara memasukkan file autorun.inf, namun jika ternyata user mengalami kesulitan saat menghapus folder tersebut, sebaiknya SMADAV memberi pilihan kepada usernya apakah mereka setuju flashdisk mereka dimasuki folder autorun.inf ini ?
Semoga berhasil !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews